Quotes

Religious

Sebetulnya dari dulu pengen nulis yang berhubungan sama keyakinan. Kali ini gue memberanikan diri nulis berlawanan apa yang biasa gue tulis. Berbeda sama tulisan tulisan gue dulu yang cenderung crita seputar cewe dan kegalauan gue. Oke langsung ajaa… ¬†Crita religius pertama gue ūüėÄ

Rasa syukur ini terus ak panjatkan kepadamu ya Rab, engkau telah memberikan kenikmatan tak terkira untuk keluarga dan hamba. Alhamdulillah rejeki terus mengalir dari berbagai penjuru, sendi sendi dimanapun itu berada. Ak tahu berkat istiqomah seorang hamba, Engkau tidak akan lupa, apa yang hambamu minta. Ar-Rahman, Al-Waqiah dan Al-Mulk sungguh mewakili apa adanya dunia ini. Aku menangis ketika cerita cerita dari ibu terlontar dari bibir manisnya  perjuangan untuk memperoleh semua ini. Butuh waktu bertahun tahun, kesabaran, cobaan bertubi tubi kalo boleh digambarkan sempet gak punya apa2. Yang semua orang mengira tanpa adanya proses yang benar benar menguji iman seorang hamba. Aku bersyukur mempunyai ibu seperti beliau. Mendidik anak anaknya menjadi pribadi pribadi yang kuat menerjang tantangan zaman. Semua orang di dunia ini dipastikan tidak ada yang tidak suka materi. Semua menyukai. Tapi dalam aturan yang benar, materi bukanlah segalanya. Namun sebagai alat utk berbuat kebaikan dan kemaslahatan.

Bermula dari  ust Yusuf Mansyur, beliau menyampaikan dalam acara YM, kuliah subuh dan acara lainya bahwasanya faedah ketiga surah tersebut sungguhlah tidak diragukan Dalam proses mengamalan perlu adanya konsistensi. Rasanya berat banget utk mengamalkan secara rutin. Tapi disitulah letak keistimewaan seorang hamba yang mampu beristiqomah. Dan yang terus mensupport adalah ibu. Ibu yang sudah  jauh membaca bertahun tahun (yap bisa dikatakan senior) sehari bisa sampai 5 kali setiap surah Massyalloh, gue blm bisa sampai sekarang. Waktu itu pernah takdur selama satu minggu bisa sampai 7 kali tapi setelah itu paling kuat 1-2 kali. Mungkin bertahap kali yaa. Pengen banget bisa apal 3 surah itu. Biar kalo lagi nglamun bisa sambil ngromed. Ngromednya ngromed surah massyalloh berkah banget insyalloh.

Ibu selalu ngingetin bila ingin tercapai janganlah setengah setengah (ojo nanggungi). Ya memang Alloh itu Maha segala segala, lu minta apa aja bakal dikasih. Asal ada usaha. Walaupun belum bisa istiqomah secara utuh tapi dampaknya alhamdulillah udah kerasa banget. Tiba tiba rejeki dateng gitu aja tanpa diduga duga. Baru kepengin dalam hati aja Alloh udah tau, terus gue lanjut sama doa. Ngga disangka sangka esok hari atau brbrp minggu langsung dateng tuh yang di penginin. Antara sedih dan seneng. Sedihnya, masih sering nglakuin dosa, tapi Alloh baek banget sama hambanya (gue). Masih sering ngulur ngulur sholat, kadang lebih ngutamain dunia, padahal Alloh harus dinomor satuin. Gimana Alloh mau ngasih cepet kalo kitanya aja senengnya ngulur ngulur “Yusuf Mansyur”. Betul juga apa kata ust yusuf. Kita sebagai manusia maunya cuma enak. Tapi gada timbal balik sama yang Punya. Yang punya dunia ini kan Alloh. Yang ngasih rejeki setiap mahluknya juga Alloh. Harus dan wajib minta sama Alloh.

Kalo senengnya, jelas banyak banget. gak usah crita senengnya deh ya. Lu rasain aja, minta terus langsung dikasih enak kan?

Oiyaa gue belum critain apa itu surah Ar-rahman, Al-waqiah, dan Al-mulk.

Ar-rahman. Maha pengasih, Alloh Maha pengasih, maha pemberi. Jadi kalo baca surat ini dengan istiqomah insyalloh akan dimudahkan. Fabiayyiala irrobibuka tukadziban ayat ini diulang sampe 33 pada surah Ar-rahman, dan pengen tau apa artinya? “maka nikmat Tuhanmu mana yang kamu dustakan?” gue bener nangis waktu ngerti artinya. Gue ngerasa jadi orang gada syukurnya. Padahal Alloh ngasih nikmat sungguh luar biasa pada setiap hambanya. Nikmat masih bisa ngelihat (ngelihat mana yang bening mana yang enggak, nikmat pendengaran, nikmat merasakan, dan nikmat yang sering lupa nikmat bernapas. Bernapas mungkin sepele, tapi sebetulnya itu nikmat yang luar biasa. Orang dirumah sakit di bantu sama tabung oksigen itu, bayar mahal. Tapi Alloh ngasih oksigen bebas disedot kapanpun ga bayar sepeser pun alias gratis subhanalloh.

Tambahan; ust Yusuf mansyur bilang kalo pengen ngilangin jerawat cukup baca surah Ar-rahman sambil di pegang jerawatnya. Gue sih nurut aja, dan yakin ¬†tapi bener jerawat gue jadi berkurang. Pegang jerawatnya pake tangan kiri aja yaah. Soalnya tangan kanannya buat megang qur’an.

Al-waqiah (surah ke-56). Surah persis setelah Ar-rahman ini adalah surah yang memiliki faedah luaaaaarrr biaaasaaa. gue sampe lebay nulisnya yaak. Tapi emang bener, barang siapa yang membaca surah ini secara istiqomah insyalloh di lancarkan rezekinya. Kalo kata ibu, “koen pengen sugih? diwaca waqiah sawise duha” Oke mungkin ada yang gatau artinya. Gue artikan begini “Kamu kepengin kaya? dibaca surah Al-waqiah setelah sholat duha”. Maning – maning harus istiqomah. Jadi keinget temen esempeku dulu. Istiqomah itu penting ya bu? pertanyaan ini gue ajukan sama ibuku. “Istiqomah kui koe nggal dina bisa rutin moco lan ikhlas karna Alloh swt, sopo wong sing taat maring gusti alloh lan ngamalaken amal – amalan surah kui mau di buka en pintu rezeki. Gak ngerti lagi? translate sendiri yaah. Intinya sih jangan bolong bolong. Selalu rapet. Gada yang absen. Ibuku bilang, surah Al-waqiah: surah anti mlarat (surat anti miskin) yang lagi bokek kantong tipis insyalloh, Alloh tebelin kantongnya jadi ada isinya aamiiin.

Al-mulk (surah ke-67). Kerajaan. Al-mulk disebut juga surah kerajaan. kok bisa? Semua yang ada di alam semesta ini adalah kerajaan Alloh. Jadi kalo yang pengen dibikinin kerajaan sama Alloh baca ini surah Al-mulk. Surah ini juga disebut juga surat pamungkas dari dua surah sebelumnya. Nangis lagi, ketika liat ayat ada kata rahmannya…. ¬†Alloh itu baek banget yaaah, ga nyangka bisa punya ini punya itu. Kepengen ini kepengen itu. Semua di dengerin dan diwujudin.

Kalo mau ngamalin yakin dulu. Terus ikhlas. Baru istiqomah. Kita itu butuh. Butuh sama yang di atas. Kalo butuh ya minta. Mintanya pake hati. Ojo sesuka hati.