Mengulas sekilas sebuah kata, bermakna dalam


Sorry guys, kalo tulisan gw sulit dimengerti. Tapi gw percaya anda semua pembaca yang cerdas.

Ketika gw membaca salah satu buku reverensi terjemahan dari mr. . . .  keinget sama bunda Narni, wah apa hubunganya dengan beliau ?

Berikut kesimpulan yang bisa saya tarik dri buku ini

Mencintai = (me-) + cinta + (-i)

Imbuhan (me-) (-i) mengubah fungsi kata dasar (cinta) dari kata benda menjadi kata kerja aktif .

Dicintai = (di-) + cinta + (-i)

Imbuhan (di-) (-i) mengubah fungsi kata dasar (cinta) dari kata benda menjadi kata kerja pasif.

Dimana-mana yang aktif lebih melelahkan daripada yang pasif. Tak heran sebagian atau kebanyakan orang lebih suka memilih untuk dicintai daripada mencintai.

Padahal mencintai lebih mulia daripada dicintai, butuh pengorbanan, perjuangan last  do’a tentunya dan itu tidak mudah!

Tapi kalimat ‘saya mencintaimu’ menempatkan aku sebagai subjek dengan kuasa penuh. Aku yang menentukan siapa yang saya cintai, dengan cara apa aku mencintainya dan sampai kapan aku akan mencintainya. Tapi kamu berhak mendapatkan seseorang yang lebih baik, seharusnya kamu mencintai orang yang lebih pantas untuk dicintai.

Dan yang terakhir, pasti kalian bingung semua apa hubunganya dengan bunda Narni, Yaps betul pelajaran tentang imbuhan ternyata selama ini bisa saya tangkap dan masih nempel di otak saya.

Tinggalkan Balasan

